Breaking News

Akibat Meluapnya Kali Laweyan Banjir Genangi Puluhan Rumah Warga di Desa Tambakrejo , Tongas.


PROBOLINGGO - Jatim.expost.co.id Matreal banjir bercampur lumpur dan sampah ini terlihat mulai genangi rumah warga di dusun Waringinan, Prapatan dan krajan desa Tambakrejo sejak pukul 18.00 wib. Sabtu, 27/1/2023.

"Memang mulai sore didaerah hulu, yakni lereng bromo seperti sukapura diguyur hujan cukup lama, dan akibat intensitas hujan cukup lama tersebut mengakibatkan banjir ke daerah di bawahnya. " Ya salah satunya desa Tambakrejo yang masuk wilayah probolinggo dan dua desa wilayah pasuruan seperti desa nguling dan penunggul otomatis juga merasakan dampak banjir ini mas. Ungkap salah satu warga saat menyaksikan banjir yang mulai meluap di jembatan penghubung desa Tambakrejo dan nguling. 

Akibat banjir yang meluap melebihi tanggul sungai kali laweyan sekitar dua (2) jam tersebut akhirnya puluhan rumah warga di desa Tambakrejo kecamatan Tongas mulai terendam banjir setinggi lutut orang dewasa. 
"Ini baru pertama di musim hujan tahun ini air masuk ke area rumah warga mas, semoga ada penanganan dengan menambahi tinggi tanggul agar banjir selanjutnya tidak masuk rumah rumah warga. Ungkap soleh, 45 tahun warga dusun Krajan pada media ini sambil melihat kayu mebelnya yang sebagian terendam banjir yang masuk hingga menutupi teras rumahnya. 

Muhalli, 55 tahun warga desa Tambakrejo juga menceritakan banjir kali ini lumayan besar dan beruntung tidak sampai masuk hingga merusak perabotan dirumah warga karena badan sungai sudah dinormalisasi sebelumnya. "Untung sungainya sebelum ini di keruk pakai Bego mas (eksavator, red) jadi gak sampai masuk ke rumah warga seperti tahun lalu. Ungkapnya

(Tim-red GS)

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close