Breaking News

Jembatan Wisata Air Terjun Madakaripura Putus Diterjang Banjir Bandang.


PROBOLINGGO - Jatim.expot.co.id Jembatan penghubung menuju wisata alam Air Terjun Madakaripura, Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, hancur diterjang banjir bandang, Minggu (28/1/2024) siang. Akses ke air terjun putus.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, Moh Zubaidulloh, mengatakan, terputusnya jembatan penghubung tersebut disebabkan oleh derasnya terjangan air sungai. Air dari hulu membawa material bebatuan besar dan kayu. 

“Material tersebut terbawa arus derasnya sungai, hingga menyumbat aliran, dan meluber ke jalanan desa setempat. Selain itu, derasnya aliran lahar juga didukung dengan tingginya curah hujan yang terjadi di wilayah lereng gunung Bromo ini,” terangnya.

Zubaidulloh mengatakan timnya sudah meninjau lokasi. Ia memberi imbauan kepada warga setempat agar sementara waktu di musim penghujan tidak mendekati daerah rawan bencana seperti yang terjadi saat ini. 

“Selain itu, kita juga mengimbau agar masyarakat selalu menjaga kebersihan, terutama kebiasaan warga yang membuang sampah ke sungi, karena ditakutkan seperti saat ini, membuat aliran sungai tersumbat dan meluber ke jalan bahkan sampai memutus akses jalan seperti ini,” ungkapnya. 

Namun beruntung terputusnya jembatan tersebut tidak sampai merusak pipa sambungan air bersih. Pihak BPBD juga bakal melakukan proses evakuasi dan perbaikan jembatan tersebut secepatnya bersama stakeholder terkait. 

(GS)

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close